Kamis, 28 April 2016

BAGIAN I POTRET NEGERI TULEHU

POTRET NEGERIKU

Negeri Tulehu yang letaknya 25 km di bagian ibu kota Profinsi Maluku yaitu Ambon. Negeri Tulehu termasuk dalam wilayah administrasi kecamatan Salahutu di apit oleh beberapa negeri antara lain :
1.      Sebelah timur berbatasan dengan Negeri Tengah-tengah.
2.      Sebelah selatan berbatasan dengan Negeri Tial dan Suli.
3.      Sebelah barat berbatasan dengan Negeri Waai.
4.      Sebelah utara berbatasan dengan laut.


Negeri Tulehu kini, di tetapkan oleh pemerintah sebagai ibu kota Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Negeri Tulehu letaknya sangat strategis, karena menghubungkan ibu kota Maluku Tengah (Masohi) juga kecamatan lain di Pulau Seram.
                                                                                               
Negeri Tulehu bersama lima desa lainnya termasuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Salahutu, termasuk daerah yang sangat berpotensi juga memiliki pertumbuhan penduduk yang cukup pesat dibandingkan dengan desa-desa di Kecamatan Salahutu bahkan negeri-negeri se-Maluku Tengah, maka perlu diketahui data yang tercatat pada kantor Desa Tulehu pada tahun 2009, penduduk Negeri Tulehu berjumlah 17.282 jiwa dan terbagi atau 5.025 kepala keluarga. Ini merupakan informasi update sekertaris Negeri, penduduk Negeri Tulehu merupakan campuran antara penduduk asli dan pendatang yang menetap sebagai masyarakat Negeri Tulehu dan memiliki tempat tinggal yang sah. Mereka terdiri dari warga asli Sulawesi Tenggara / Buton, warga asal Sumatera, warga asal Cina, warga asal Arab, dari daerah – daerah Pulau Lease lainnya.










Masyarakat Negeri Tulehu sebagai masyarakat campuran yang memiliki watak dan budaya yang bervariasi merupakan suatu kebangsaan dan potensi yang amat besar kelak dimanfaatkan dengan baik, pendidikan Negeri sebagai  Ibukota Kecamatan Salahutu berkembang dengan pesat. Ini dengan telah terbukti adanya lembaga – lembaga pendidikan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai Perguruan Tinggi (PT) telah dibangun di Negeri Tulehu,
Masyarakat Negeri Tulehu yang penduduknya lebih banyak penduduk desa lain di Kecamatan Salahutu bahkan desa – desa di Maluku Tengah, dan latar belakang sikap dan daya pikir yang berbeda – beda pula menyebabkan penduduknya memiliki mata pencaharian yang berbeda,

Negeri Tulehu yang berfungsi sebagai penghubung  Kabupaten Maluku Tengah (Masohi) dan kota-kota kecamatan lain di Pulau Lease dan Seram secara langsung merupakan suatu kebanggaan Masyarakat Desa Tulehu sebagai suatu rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang harus dimanfaatkan dengan baik untuk menjadi contoh bagi warga masyarakat desa lainnya.

4 komentar: